LIBURAN BERSAMA KELUARGA KE BELITUNG

Setelah browsing kesana kemari ternyata tujuan berlibur yang paling terjangkau dari sisi biaya dengan kondisi pantai yang bagus, serta tersedia wisata edukasi bagi anak kami, dan tidak terlalu jauh adalah Belitung. Sebelumnya kami memilih lombok, tapi berhubung budget terbatas dan harga tiket pesawat yang tinggi rencana berlibur ke lombok dipending dulu. Pilihan Belitung sebagai tujuan berlibur yang terjangkau menawarkan wisata pantai yang indah, edukasi dan motivasi dari Laskar Pelangi, kuliner, dan wisata alam lainnya. Beruntung Garuda Indonesia saat saya cek harganya sedang promo 1 juta PP, tanpa pikir panjang langsung kami book untuk satu keluarga. Untuk urusan travel disana kami didampingi oleh tour guide dengan paket yang relatif murah untuk 4D3N, mobil beserta sopir, paket tour keliling belitung hingga belitung timur, wisata island hoping dan snorkeling. Beruntung Saya bisa ambil cuti sehingga bisa liburan di hari kerja, imbasnya harga tiket dan akomodasi jauh lebih murah.

Sebetulnya Kami khawatir juga karena putri kami yang kedua usianya baru 5 bulan, kira kira dia kuat ga ya diajak ke belitung, setelah konsultasi dengan tour guide disana, mereka mengatakan ga masalah karena mobil sewa yang digunakan nyaman, lengkap dengan pendingin udara, jalanan di belitung pun mulus dan lancar hampir tanpa lubang, jadi menurut guide aman kalau bawa bayi sekalipun, tapi untuk island hopping tour guide tidak menyarankan membawa bayi, dan menyarankan stay di hotel saja. Kami pun sedikit tenang, dan kami putuskan untuk mencari hotel yang bagus dan nyaman supaya Istri gak boring saat ditinggal kami untuk Island Hopping, karena kami tidak terpatok pada satu hotel dan ingin mencoba beberapa hotel saat di belitung, kami pun book 2 hotel yang berbeda, yaitu dua malam di Maxone Hotel dan satu malam di Aston Belitung. Kami atur waktu agar saat Island Hopping istri stay di Aston dengan fasilitas yang bagus dan nyaman, jadi gak boring meskipun kami tinggal pergi.

Kami menceritakan rencana liburan kami kepada adik kami, ternyata mereka semua ingin ikut, baiklah bayar masing masing yaaaa kalian kan udh pada kerja, dan lumayan juga jadi ada yang bantuin ngasuh kedua anak kami heheee

Hari Pertama

20150511_065127

Alle Girang di Pesawat

Alle putra Kami yang pertama sangat excited naik pesawat, anak kami yang satu ini memang pecinta transportasi sama seperti Saya, apalagi kereta api, dia seneng banget, ini adalah penerbangan Alle yang ketiga setelah tahun lalu terbang ke Singapore dan Bali, karena umur yang semakin bertambah, kali ini dia sangat kritis semua pertanyaan tentang pesawat dilontarkan ke Saya, baiklah nak….

Menyantap Mie Atep

Menyantap Mie Atep

Hari pertama tiba di Tanjung Pandan Belitung kami langsung diajak oleh tur guide makan di Mie Atep, ya memang Mie Khas belitung ini mainstream banget ya bagi yang liburan ke belitung, tapi emang enak banget, ga heran kalo Alle dan Saya nambah hehee, Mie Khas Belitung merupakan salah satu makanan dengan identitas lokal yang harus dijaga, sama seperti Nasi Jamblang dari Cirebon, Wisata Kuliner mampu menambah cita rasa kepada Traveler saat berlibur

Laskar Pelangi Pantai Tanjung Tinggi

Laskar Pelangi Pantai Tanjung Tinggi

Sore Hari Kami langsung cuus ke Pantai Tanjung Tinggi, dimana di film laskar pelangi menampilkan adegan yang mampu membuat pantai ini terkenal dengan batu batu besar nya. anak anak laskar pelangi SD Muhamadiyah Gantong menari nari dan menyanyi di sekitaran Batu batu besar dengan pantai yang indah dan air laut jernih, Alhamdulilah kami diberikan kesempatan melihat secara langsung tempat ini, ternyata lebih indah dari yang kami perkirakan, kami pikir jika kami bandingkan dengan pantai di Pulau Dewata, pantai  di Belitung ini ga kalah cantiknya, hanya penataan kawasan dan kebersihan yang harus lebih dimaksimalkan.

Alle Bermain

Alle Bermain

Alle Main Lempar Pasir

Alle Main Lempar Pasir

Hari Kedua

Pada hari kedua ini kami mengunjungi Belitung Timur, wisata di belitung Timur tidak menyuguhkan pantai seindah di Belitung Induk. Namun disana ada wisata edukasi dari Film Laskar Pelangi yang mampu memberikan kisah dan cerita secara nyata kondisi Sekolah SD Muhamadiah Gantong, Wisata Kota Manggar, dan Berkunjung ke Rumah Bu Muslimah yang Asli sehingga mampu memberikan motivasi kepada kita secara langsung seperti yang diceritakan dalam Film Laskar Pelangi.

Di Depan Replika Sekolah

Di Depan Replika Sekolah

Replika Sekolah  adalah salah satu wisata edukasi yang harus Saya tunjukan kepada anak Saya, meskipun dia belum terlalu mengerti, tapi Saya bisa menceritakannya dengan pelan pelan mengenai tempat ini, terlalu jauh memang mengajarkan edukasi ke Anak seusia Alle, tapi setidaknya dia sudah bisa memahami dan melihat Kalau tidak semua teman teman yang ingin sekolah itu bisa seberuntung kita. Masih ada teman-teman Alle disana yang tidak seberuntung Alle. Itu sambil Saya ceritakan ke Alle saat saya mengunjungi replika SD Muhamadiyah Gantong ini dengan harapan timbul kepekaan dari dalam dirinya, tentunya dengan cara yang santai heheee…. Tidak serius karena dia masih berumur 3 Tahun.

Lorong Museum Kata

Lorong Museum Kata

Kami Sekeluarga

Kami Sekeluarga

Di belitung timur juga terdapat Museum Kata yang didirikan oleh Andrea Hirata,  Museum Kata ini merupakan museum literatur pertama di Indonesia yang berada di Gantong, Belitung Timur. Museum Kata ini merupakan salah satu wisata edukasi yang patut di kunjungi, terutama bagi mereka yang gemar menulis, dan gemar membaca, ya kalau ga gemar keduanya disini juga tersedia Kopi bagi para penggemar Kopi, namanya Dapur “Kupi Kuli”. Jujur saya bukan penggemar kopi tapi setelah saya icip dan seruputi kupi kuli ini rasanya memang beda dengan kopi biasa, entah apa yang membuat beda yang jelas saya bilang ini kopi maknyuuus…

Rumah Makan Timpo Duluk

Rumah Makan Timpo Duluk

Saatnya makan malam, malam ini kami mencoba makan di Rumah Makan Timpo Duluk, yang satu ini memang mainstream juga, tapi karena kami belum pernah mencoba kami arahkan tour guide untuk antar kami ke tempat ini. Dan ternyata memang mainstream itu menjadi alasan yang jelas, memang makanannya jelas jelas enak dan otentik sekali, mampu menggoyang lidah dan cita rasa kuliner, alle pun senang disini karena ada sepeda ontel yang menggantung menjadi pelengkap dekorasi rumah makan.

Hari Ketiga

Hari Ketiga kami berangkat untuk Island Hopping dari pantai Tanjung Kelayang kami sewa boat, Island Hopping yang artinya loncat dari pulau satu ke pulau lainnya, bukan loncat dalam arti yang sebenarnya, melainkan berlayar menggunakan boat sederhana khas nelayan setempat, sepanjang perjalanan Island Hopping kami disuguhkan pemandangan luar biasa, landscape yang begitu Indah seolah langit dan laut menyatu karena sama birunya, batu karang masih terlihat secara kasat mata dari atas boat, memang benar ga nyesel liburan kesini, kami sudah bisa sedikit menyimpulkan di hari ketiga kami di Belitung, pulau ini luar biasa indah, dengan jarak tidak jauh (satu jam naik pesawat dari Jakarta) dan harga yang terjangkau, Belitung memang pantas jadi tujuan wisata pengganti Bali bahkan Lombok sekalipun.

Naik Boat Island Hopping

Naik Boat Island Hopping

Keren Banget

Keren Banget

Ditengah perjalanan ke pulau Lengkuas, tour guide kami mengarahkan Kami untuk turun sebentar di Pulau Pasir, Pulau ini memang insidentil, karena saat air surut pulau ini muncul, namun hilang pada saat pasang, pasirnya lembut dan bersih,. Bahkan Alle tak ada hentinya bermain pasir, dan saya pribadi menyimpulkan pasir disini lebih bagus dari pada pasir pantai di pulau dewata.

Alle di Pulau Pasir

Alle di Pulau Pasir

Alle Main Pasir

Alle Main Pasir

Fun

Fun

Mercusuar di Pulau Lengkuas

Mercusuar di Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas memang menjadi primadona wisata Di Provinsi Bangka Belitung, pulau ini unik karena terdapat mercusuar di pulau nya, sehingga cocok bagi mereka yang penyuka fotografi, pulau ini sangat ikonik dan pantainya juga bersih, jadi wajar kalau Alle ga mau diajak pulang, terus terusan main pasir dan air.

Main Pasir Lagi

Main Pasir Lagi

Snorkeling menjadi penutup kami wisata Island Hopping di Belitung, sebenernya lebih enak snorkeling ga pake pelampung, karena gerak nya lebih bebas terutama saat swim deep dan melihat coral di bawah lebih mudah tanpa pelampung , tapi berhubung harus ngasih contoh ke adik saya jadi ya saya juga pake pelampung. Setelah mereka naik ke boat barulah saya dan guide beraksi snorkeling bebas tanpa pelampung heheee..

Snorkeling

Snorkeling

Hari Ke Empat

Hari terakhir kami di Belitung ditutup dengan mengunjungi Museum Belitung, serta mengunjungi danau kaolin yang terkenal, kata tour guide danau kaolin berwarna biru karena adanya partikel kimia yang terpantul jika terkena sinar matahari sehingga merubah permukaan danau berwarna biru. Indah betul, tapi sayang cuaca sedikit mendung jadi saat foto kurang bagus dan kurang kontras dengan warna langit.

Museum Timah

Museum Belitung

IMG-20150517-WA0006

Danau Kaolin

Saat kami menunggu pesawat Bandara, ternyata ada Fotografer  Senior Darwis Triadi sedang menunggu pesawat Garuda Indonesia yang sama dengan kami, mumpung ada disini sekalian saya minta foto bareng dengan beliau buat kenang kenangan heheee…

Bersama Darwis Triadi

Bersama Darwis Triadi

Liburan kami selama 4 hari 3 malam ini sangat ampuh mengembalikan energi Saya khususnya untuk kembali mencari uang esok hari, keindahan pantai dan alam di Belitung memberikan pengalaman yang sulit untuk dilupakan, begitu juga bagi Istri dan Anak saya, juga Adik adik saya. Bagi mereka liburan ini mampu menambah pengalaman, ternyata masih ada bentang alam pantai yang indah di negeri ini selain Bali dan Lombok yang wajib dikunjungi. Dan bagi Anak saya pengalaman naik Garuda Indonesia memberikan kesan tersendiri, karena ini kali pertama dia naik maskapai plat merah, maklum dipenerbangan Alle sebelumnya Bapa Ibunya selalu cari tiket promo Air Asia hehee.

Selalu Cinta Indonesia dan Keindahannya

Mohamad Adiguna / @dhigunz

About Mohamad Adiguna

Ketika ada sebuah objek baru terlihat sekilas, saya tidak segan mencari tahu dan meng-explore sampai saya tau apa itu dan makna nya untuk saya.. hingga sebuah kesimpulan muncul tentang diri saya.. "i enjoy explore a new horizon" View all posts by Mohamad Adiguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

warungkopipemda

Tempat yang hangat dan santai untuk berbagi

Run Around Girl

A MOM'S LIFE + FOOD AND TRAVEL ADVENTURES

pica cordoba

90 DAYS IN EAST TIMOR

500 Photographers

Just another WordPress.com site

Photography Blogger

Just another WordPress.com site

The Model Railways of Chris Nevard's Blog

Just another WordPress.com site

National Railway Museum blog

Behind the scenes at the biggest railway museum in the world

archieobject

Just another WordPress.com site

flicker free

just pure, clean photography

%d bloggers like this: