Kereta Api

Old Railway Curve Bidge

Old Railway Curve Bridge

Semua orang bertanya, “lah kenapa kamu ini suka kereta api? aneh… kereta api Indonesia kan jelek banget, kacau, bau kencing, parah lah pokoknya, kenapa kamu bisa suka?”

Barangkali itu segelintir, bukan segelintir tepatnya, seabrek pertanyaan kepada saya, ketika saya bercerita mengenai kesukaan saya terhadap kereta api.Terus terang sampai saat ini saya tidak tahu, kenapa saya bisa suka dengan kereta api, mending kalau saya nge-fans kereta luar negeri yang modelnya bagus-bagus. tapi ini kereta Indonesia, yang sering dimaki, dan tak kunjung usai diterjang permasalahaan.

Point -nya adalah, saya suka karena saya terbiasa, berawal dari saya sering mengantar dan menjemput Ayah saya ke stasiun yang sering pulang pergi naik KA Cirebon Ekspress ketika saya masih duduk di bangku SD. Lama kelamaan saya terpesona melihat keelokan rangkaian kereta api yang panjang tersebut, suara semboyan 35 (Klakson) yang menggema, dan kegagahan lokomotiv General Electric yang mampu menarik KA Cirebon Ekspress hingga 12 rangkaian, sungguh menakjubkan.

Dari situ lah saya mulai tertarik mendalami ilmu perkeretaapian, menghafal jenis lokomotiv, menghafal nama kereta api dan jurusannya, mengumpulkan tiket kereta api, hingga sengaja saja datang ke stasiun hanya untuk melihat dan menunggu kereta api lewat. Sungguh hal itu terjadi begitu saja hingga sekarang ini.

Railway Curving

Railway Curving

Lain dulu lain sekarang, dulu hanya menggemari melihat saja kereta api lewat. namun sekarang kenapa saya suka kereta api, lebih karena saya mencintai fotografi kereta api, liukan kereta api saat menuruni lembah, sampai menunggu di bukit hanya untuk mendapatkan gambar kereta api melewati jembatan sungguh hal yang menyenangkan. Foto foto tersebut saya kumpulkan hanya untuk kepuasan batin saya, melengkapi hobby saya mencintai kereta api melalui keindahan alam dan objek lain yang dilalui kereta api tersebut.

Munculnya keinginan untuk mengambil gambar kereta api pun terjadi begitu saja ketika Ayah saya memberikan saya sebuah kamera pocket bermerk kodak. Jepret sana Jepret sini, hingga akhirnya saya bergabung dengan komunitas Indonesian Railway Preservation Society, Check this out http://www.irps.or.id. Banyak pengalaman yang saya dapatkan dengan bergabung dikomunitas, jaringan dan pengetahuan baru menambah wawasan saya mengenai perkeretaapian dan terutama berbagi pengalaman mengenai ilmu fotografi.

dd

Meskipun sibuk dengan pekerjaan saya sekarang, dan jarang berkumpul dengan komunitas, saya tetap berusaha meluangkan waktu, minimal satu bulan satu kali untuk tetap merasakan keindahan panorama Republik Indonesia dari jendela Kereta Api.

Dari Benci Menjadi Butuh

Dulu sebelum Tahun 2010, Kereta Api banyak menuai cibiran sana sini, permasalahan yang diderita oleh PT KAI seolah menciptakan sebuah paradigma yang melekat di masyarakat Indonesia terutama mereka yang berada di Pulau Jawa, masyarakat seolah selalu dirugikan oleh PT KAI akibat kesalahan dalam manajemen perusahaan plat merah tersebut, masalah demi masalah muncul seperti seringnya pemberitaan kasus anjlog kereta, kecelakaan, kereta mogok, sampai kondisi pelayanan yang sangat buruk diterima oleh masyarakat, seolah kereta api bukanlah angkutan umum yang manusiawi seperti contoh terus berulangnya antrian panjang dan berjubel saat arus mudik dan lebaran, mengingatkan saya seperti di film-film India, “berjubel, dan sangat tidak manusiawi”. tapi begitulah adanya kereta api kita saat itu. Ternyata memang benar apa yang dikatakan teman saya, mereka bilang saya aneh, kenapa bisa sangat cinta terhadap kereta api padahal kondisi perkereta apian kita sangat parah.

Namun, mereka yang mengatakan saya aneh karena mereka belum paham, suatu saat Transportasi Publik yang bernama kereta api akan menjadi anak emas di Indonesia, karena apa, karena cepat atau lambat harga bahan bakar minyak akan melambung tinggi seiring dengan tingginya permintaan namun pasokan berkurang, jumlah penduduk akan terus bertambah dan masyarakat membutuhkan transportasi yang cepat, murah, namun dapat mengangkut dengan jumlah yang banyak, kemudian bertambahnya jumlah kendaraan di jalan raya menimbulkan kemacetan yang cukup pelik, maka mobil dan motor bukanlah jawaban untuk mengatasi masalah tersebut, hanya satu jawaban yang bisa mengatasi permasalahan yang saya sebutkan diatas yaitu “Transportasi Publik a.k.a Kereta Api.

img1395562817351

Munculnya sosok Pemimpin yang tegas, inovatif, dan penuh integritas mampu menyelamatkan PT KAI dari semua permasalahan yang ada, beliau adalah Ignasius Jonan, mantan Bankir yang kemudian di beri tugas untuk menyelesaikan masalah yang cukup pelik di tubuh Kereta Api yang saat itu sedang merugi dan diterpa banyak masalah. Jonan seolah hadir memberikan angin segar terhadap “pentingnya” merubah mindset seluruh stakeholder untuk cinta dan menghargai transportasi publik, bahwa saat ini kita harus mau dan wajib untuk berubah menempatkan tranportasi publik (kereta api) menjadi prioaritas utama. Dan kini terbukti, dengan bekal semangat beliau dan seluruh tim di PT KAI, kereta api mampu bangkit dari keterpurukan dan mampu bertransformasi menjadi perusahaan yang sehat, inovatif, serta mampu melayani penumpang dengan sangat manusiawi, lalu mengubah mindset masyarakat yang dulu benci terhadap kereta api menjadi cinta dan butuh.

Terjawab sudah, mengapa dari kecil saya cinta terhadap kereta api, tak salah saya menanamkan mental kepada diri saya untuk selalu bertransportasi publik, karena kereta api mampu melebur setiap perbedaan, menyatukan keberagaman, dan mampu merangkai sebuah kisah yang sulit terlupakan.

Gunakanlah Jasa Kereta Api

Dan temukan nilai postif dari Kereta Api Indonesia

Enjoy The Train


4 responses to “Kereta Api

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

warungkopipemda

Tempat yang hangat dan santai untuk berbagi

Run Around Girl

A MOM'S LIFE + FOOD AND TRAVEL ADVENTURES

pica cordoba

90 DAYS IN EAST TIMOR

500 Photographers

Just another WordPress.com site

Photography Blogger

Just another WordPress.com site

The Model Railways of Chris Nevard's Blog

Just another WordPress.com site

National Railway Museum blog

Behind the scenes at the biggest railway museum in the world

archieobject

Just another WordPress.com site

flicker free

just pure, clean photography

%d bloggers like this: